PEMERINTAH KABUPATEN SUKABUMI
UPTD PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR NEGERI CILEUTIK
KECAMATAN JAMPANGTENGAH
Alamat :
Kp Cileutik Desa Bojong tipar Jampangtengah 43171
|
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
|
tutwurihandayani |
Program Bimbingan dan Penyuluhan
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
1.
Teoritis
a.
Bimbingan
dan Konseling pada hakikatnya merupakan suatu bantuan yang diberikan pada siswa
dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengani lingkungan dan merencanakn masa
depan
b.
Sekolah
dasar sebagai lembaga pendidikan formal berfungsi mempersiapkan siswa menjadi
manusia pembangunan yang berpancasila dan memiliki bekal kemampuan serta
keterampilan untuk melanjutkan ke tingkat
lanjutan pertama
c.
Siswa sekolah dasar berada dalam masa anak-anak
baik dilihat dari segi pendidikan,tahap perkembangan maupun penyesuaian sosial,
sehingga memerlukan bantuan khsusu baik di dalam kademik, pribadi, sosial
maupun kariernya
d.
Perbedaan
individual siswa baik dalam efek fisik, psikis maupun sosial menurut adanya
individualisasi dalam layanan pendidikan
e.
Perkembagan
ilmu pengetahuan dan teknologi serta pertambahan penduduk yang dampaknya
terhadap kemampuan memperoleh pendidikan lanjutan persaingan yang ketat
sehingga memerlukan kesiapan mental dan pengetahuan
2.
Problematis
a.
Siswa
Sekolah dasar perlu memahami berbagai aspek tentang dirinya dan lingkungan
dalam rangka penyesuaian secara lebih efektif
b.
Kebutuhan
untuk memperoleh informasi yang tepat tentang pendidikan lanjutan, pendidikan
kedinasan, kursus, dll.
c.
Kebutuhan
untuk memperoleh informasi yang tepat tentang pribadi, sosial, pendidikan
lanjutan dan lingkungannya
d.
Siswa
Sekolah dasar perlu memperoleh kemampuan, bakat,minat dan kepribadiannya
sehingga tercapai perkembangan kariernya secara optimal
e.
Siswa
sekolah dasar memerlukan bantuan khusus dalam memecahkan masalah pribadi,
sosial, belajar dan karier sesuai dengan tuntutan perkembangannya
B. LANDASAN HUKUM
a.
Perubahan
keempat UUD 1945 pasal 31 tentang pendidikan
b.
TAP
MPR No. IV/MPR/1999 tentang GBHN Tahun 1999
c.
UU
No. 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah
d.
Peraturan
pemerintah No. 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan Daerah Propinsi
sebagai Daerah Otonom
e.
UU
NO. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
f.
Peraturan
Pemerintah No. 19 thun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan
g.
Peraturan
Pemerintah No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
h.
Peraturan
Pemerintah No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
i.
Peraturan
Pemerintah No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi dan Standar
Kompetensi Kelulusan
j.
Kebijakan
Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat tentang Pemberlakukan KTSP tahun 2006
C. TUJUAN
1.
Umum
1.1
Mewujudkan
manusia Indonesia seutuhnya yang cerdas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan
jasmani dan rohani, kepribadian yang mantpa dan amndiri serta rasa tanggung
jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
1.2
Membantu
siswa mengenal bakat, minat dan kemampuannya serta memilih dan menyesuaikan diri
1.3
Memberi
kesempatan pendidikan untuk merencanakan karier yang sesuai dengan tuntutan
dunia kerja
2.
Khusus
Membantu
siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan meliputi aspek:
2.1
Pribadi
Sosial
Ø Memiliki kesadaran diri
Ø Mengembangkan sikap positif
Ø Membuat pilihan secara sehat
dan keputusan secara efektif
Ø Mampu menghargai oranglain
Ø Memiliki rasa tanggung jawab
Ø Mengembangkan keterampilan
hubungan antar pribadi
Ø Dapat menyelesaikan konflik
2.2
Belajar
Ø Dapat melaksanakan
keterampilan/teknik belajar secara efektif
Ø Dapat menetapkan tujuan dan
perencanaan pendidikan
Ø Mampu belajar secara efektif
Ø Memiliki keterampilan dan
kemampuan dalam menghadapi evaluasi/ujian
2.3
Karier
Ø Mampu membentuk identitas,
didalam lingkungan
Ø Mampu merencanakan masa depan
Ø Dapat membentuk pola-pola
karier, yaitu kecenderungan arah karier
Ø Mengenal keterampilan,
kemampuan dan minat
2.4
Visi
dan Misi BK
a.
Visi
Bimbingan dan
Konseling mengacu kepada Kehidupan manusia yang membahagiakan; Bimbingan dan
Konseling membantu individu untuk mampu mandiri, berkembang dan berbahagia.
b.
Misi
Bimbingan dan
Konseling di sekolah memberikan pelayanan bantuan agar peserta didik
berkehidupan sehari-hari yang efektif dan mandiri berkembang secara optimal
melalui dimilikinya berbagai kompetensi berkenaan dengan pengembangan diri,
pemahaman lingkungan, pengambilan keputusan dan pengarahan diri, merencankan
masa depan, berbudi pekerti luhur serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa
D. SASARAN
a.
Semua
siswa SDN CILEUTIK untuk memperoleh pemaham diri, pengarahan diri dan
perwujudan diri, sehingga potensinya dapat berkembang secaraoptimal
b.
Siswa
SDN Cileutik yang memerlukan bantuan khusus untuk memecahkan masalah yang
dihadapinya
c.
Kepala
sekolah untuk memperoleh informasi tentang siswa dan perkembangannya
d.
Guru
untuk membina pribadi siswa dan
penyesuaian sosialnya
E. RUANG LINGKUP
1.
Tahap
persiapan
a.
Studi
Kelayakan, yaitu untuk mengetahui kebutuhan siswa, sasaran program sekolah,
sarana dan prasarana yang ada personil, dsb.
b.
Pertemuan
menyusun program
-
Program
tahunan
-
Program
Semester
-
Program
Mingguan/harian
c.
Konsultasi
program dengan Kepala Sekolah dan guru sekolah lainya
d.
Penyediaan
fasilitas
-
Sarana
BK meliputi format-format, pedoman observasi, angket, map, buku pribadi,
blanko, surat, dsb.
-
Prasarana
BK meliputi perlengkapan mebelair BK
2.
Tahap
pelaksanaan, meliputi:
a.
Pengumpulan
data, identitas pribadi, kesehatan dan pertumbuhan jasmani, pendidikan,
keluarga, kecerdasan, bakat, minat kepribadian, kegiatan di luar sekolah,
penyesuaian sosial cita-cita, kebiasaan sehari-hari, proses perkembangan,
lingkungan masyarakat sekitar, kemajuan prestasi, belajar, dan sebagainya.
b.
Kegiatan
layanan dan penunjang bimbingan
-
Layanan
Orientasi
-
Layanan
Informasi
-
Layanan
penempatan dan penyaluran
-
Layanan
pembelajaran
-
Layanan
bimbingan kelompok
-
Layanan
konseling perorangan
-
Layanan
konseling kelompok
-
Aplikasi
Instrumentasi
-
Penyelenggaraan
himpunan data
-
Konferensi
kasus
-
Kunjungan
rumah
-
Alih
tangan kasus
c.
Tugas-tugas
perkembangan
-
Mencapai
kematangan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
-
Mencapai
keuntungan dalam hubungan teman sebaya, serta kematangan dalam perananya
sebagai pria dan wanita
-
Mencapai
kematangan pertumbuhan jasmaniah yang sehat
-
Mengembangkan
penguasaan IPTEK dan seni sesuai dengan program kurikulum, persiapan karier dan
kelanjutan studi serta berperan dalam kehidupan masyarakat
-
Mencapai
kematangan dalam pikiran karier
-
Mencapai
kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan secara emosional, sosial,
intelektual dan ekonomi
-
Mencapai
kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
-
Mengembangkan
kemampuan komunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni
-
Mencapai
kematangan dalam sistem etika dan nilai
3.
Kerjasama
dengan orang tua murid dan instansi terkait
4.
Penilaian
-
Pelaksanaan
Program
-
Hasil
pelaksanaan
5.
Tindak
Lanjut
6.
Pelaporan
-
Bulanan
-
Semester
-
Tahunan
BAB II
ORGANISASI
PELAYANAN BK
A.
ORGANISASI
Organisasi pelayanan Bimbingan dan
Konseling pada SDN Cileutik meliputi segenap unsur di Sekolah dengan organigram sebagai
berikut :
Kepala
UPTD
|
Pengawas
Sekolah
Bidang
BK
|
Kepala
Sekolah
|
Komite
Sekolah
|
Wakasek
|
Koordinator
BK
|
Guru
kelas
|
Guru
kelas
|
S
I S W A
|
Guru
kelas
|
Keterangan :
- Unsur Bidang UPTD adalah personil yang brtugas melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling di Sekolah.
- Kepala Sekolah (bersama Wakil), adalah penanggng jawab pendidikan di sekolah secara keseluruhan, termasuk pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling
- Koordinator Bimbingan dan Konseling (bersama para Guru pembimbing), adalah pelaksana utama pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah
- Guru, adalaah pelaksana pengajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku
- Guru Praktik, adalah pelaksana kegiatan pelatihan keterampilan untuk kejuruan tertentu berdasarkan kurikulum kejuruan yang berlaku
- Wali Kelas, adalah guru yang ditugasi secara khusus mengelola satu kelas siswa tertentu
- Siswa, adalah peserta didik yang menerima pelayanan pengajaran, latihan, dan bimbingan dan konseling di sekolah
- Pengawas Sekolah bidang BK, adalah pejabat fungsional yang bertugas menyelenggarakan pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah
- Komite Sekolah, adlaah badan yang secara khsusu dibentuk untuk menjadi mitra sekolah dalam pembinaan dan pengembangan sekolah
B.
PERSONIL
PELAKSANA
1.
Kepala
Sekolah
Sebagai
penanggung kawab kegiatan pendidikan secara menyeluruh disekolah yang bersangkutan,
tugas kepala sekolah adalah :
a.
Mengkoordinasikan
segenap kegiatan yang diprogramkan disekolah, sehingga kegiatan pengajaran
pelatihan dan bimbingan merupakan suatu kesatuan yang terpadu,harmonis dan
dinamis
b.
Menyediakan
prasarana, tenaga, sarana dan berbagai kemudahan bagi terlaksananya pelayanan
bimbingan yang efektif dan efisien
c.
Melakukan
pengawasan dan pembinaan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program,
penialaian dan upaya tindak lanjut pelayanan bimbingan
d.
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan pelayanan bimbingan di sekolah kepada kanwil/kandep yang menjadi
atasannya
2.
Wakil
Kepala Sekolah
Membantu Kepala Sekolah dalam
melaksanakan tugas-tugas kepala termasuk pelaksanaan bimbingan dan konseling
3.
Koordinator
Bimbingan
Bertugas mengkoordinasikan para guru
pembimbing dalam :
a.
Memasyarakatkan
pelayanan bimbinga kepada segenap warga sekolah, orang tua siswa, dan
masyarakat
b.
Menyusun
program bimbingan
c.
Melaksanakan
program bimbingan
d.
Mengadministrasikan
pelayanan bimbingan
e.
Menilai
program dan pelaksanaan bimbingan
f.
Memberikan
tindak lanjut terhadap hasil penilaian bimbingan
4.
Guru
Pembimbing/Konselor
Sebagai pelaksana utama, tenaga inti
dan ahli, guru pembimbing bertugas :
a.
Memasyarakatkan
pelayanan bimbingan
b.
Merencanakan
program bimbingan
c.
Melaksanakan
segenap layanan bimbingan
d.
Melaksanakan
kegiatan pendukung bimbingan
e.
Menilai
proses dan hasil pelayanna bimbingan dan kegiata pendukungnya
f.
Melaksanakan
tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian
g.
Mengadministrasikan
layanan dan kegiatan pendukung bimbingan yang dilaksanakannya
h.
Mempertanggungjawaban
tugas dan kegiatan dalam pelayanan bimbingan kepada koordinator bimbingan
5.
Guru
Mata Pelajaran dan Pelatihan
Sebagai tenaga ahli pengajaran atau
pelatihan dalam amta pelajaran atau program latihan tertentu dan sebagai personil
yang sehari-harinya langsung berhubungan dengan siswa. Peranan guru amta
pelajaran dan pelatihan dalam pelayanan bimbingan adalah :
a.
Membantu
memasyarakatkan pelayanan bimbingan kepada siswa
b.
Membantu
guru pembimbing mengidentifikasikan siswa yang memerlukan layanan bimbingan
c.
Mengalihtangankan
siswa yang memerlukan layanan bimbingan kepada guru pembimbing.konselor
d.
Menerima
siswa alih tangan dari pembimbing yaitu siswa yang menurut guru pembimbing
memerlukan pelayanan dan pengajaran khsus (seperti : pengajaran, perbaikan,
program pengayaan)
e.
Membantu
pengembangan suasana kelas, hubungan siswa-siswa yang menunjang pelaksanaan
pelayanan bimbingan
f.
Memberikan
kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang memerlukan layanan/kegiatan
bimbingan untuk mengikuti menjalani layanan kegiatan yang dimaksudkan itu
g.
Berpartisipasi
dalam kegiatan khusus penanganan masalah siswa, seperti konferensi kasus
h.
Membantu
pengumpulan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian pelayanan
bimbingan dan upaya tindak lanjutnya
6.
Guru
kelas
Sebagai pengelola kelas tertentu
dalam pelayanan bimbingan wali kelas berperan :
a.
Membantu
Guru pembimbing/konselor melaksanakan tugas khususnya di kelas yang menjadi
tanggung jawabnya
b.
Membantu
guru mata pelajaran/pelatih melaksanakan peranannya dalam pelayanan bimbinga,
khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya
c.
Membantu
memberikan kesempatan dan kemudian bagi siswa khusunya di kelas yang menjadi
tanggung jawabnya, untuk mengikuti/menjalani layanan dan bimbingan.
C.
DIAGRAM
POLA UMUM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH
BIMB. & KONSELING
|
Bimb. Pribadi
|
Bimb. Sosial
|
Bimb. Belajar
|
Bimb. Karier
|
Layanan Orientasi
|
Layanan
Penemp/Peny.
|
Layanan Kons. Perorangan
|
Layanan
Kons. Kelompok
|
Layanan Informasi
|
Layanan
Pembelajaran
|
Layanan
Bimb. kelompok
|
Instrumentasi
BK
|
Konferensi
Kasus
|
Alih tangan
Kasus
|
Himpuann
Data
|
Kunjungan
Rumah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
Keterangan :
Dari diagram diatas ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1.
Kegiatan
BK secara menyeluruh meliputi 4 bidang bimbingan, yaitu bimbingan pribadi,
bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier
2.
KegiatanBK
dalam keempat bidang bimbingannya itu diselenggarakan melalui tujuh jenis
layanan, yaitu : layanan orientasi, informasi, penempatan/penyaluran,
pembelajaran, konseling perorangan, bimbingan kelompok dan konseling kelompok
3.
Untuk
mendukung ketujuh jenis layanan itu diselenggarakan 5 jenis kegiatan pendukung,
yaitu instrumen bimbingan dan konseling, himpunan data, konferensi kasus,
kunjungan rumah, dan alih tangan kasus
4.
Diatas
itu semua, kegiatan BK didasari oleh satu pemahaman yang menyeluruh dan terpadu
tentang wawasan BK yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi, prinsip, dan
asas-asas BK
D.
MEKANISME
KERJA
DAFTAR
NILAI SISWA
|
CATATAN
OBSERVASI SISWA
|
CATATAN
KEJADIAN
(ANEKDOT)
|
DAFTAR
NILAI
|
ANGKET
SISWA
|
ANGKET
ORANG
TUA
|
LAPORAN
OBSERVASI SISWA
|
CATATAN
ANEKDOT
|
LAPORAN
KEG. PELAYANAN
|
CATATAN
HOME
VISIT
|
CATATAN
WAWANCARA
|
GURU
KELAS
|
GURU
KELAS
|
GURU
PEMBIMBING
|
KEPALA
SEKOLAH
|
KARTU
AKADEMIS
|
CATATAN
KONSELING
|
BUKU
PRIBADI
+
Map pribadi
|
LAPORAN
BULANAN
BK
|
CATATAN
KONFERENSI
KASUS
|
NOTULA
RAPAT
|
Diperiksa
|
Diketahui
|
Diperiksa
|
Diketahui
|
DATA
PSIKOTES
|
Diketahui
|
Diketahui
|
Mekanisme Kerja Guru kelas,
Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah
Dalam pembinaan siswa di sekolah
diperlukan adanya kerjasama semua personil sekolah ayng meliputi guru Kelas, guru pembimbing, dan kepala
sekolah :
1.
Guru
Mata Pelajaran
Membantu
memberikan informasi tentang data siswa yang meliputi :
-
Daftar
Nilai Siswa
-
Observasi
-
Catatan
Anekdot
2.
Guru
Kelas
Disamping sebagai orang tua kedua di
sekolah, juga membantu mengkoordinir informasi dan kelengkapan data, meliputi :
-
Daftar
Nilai angket
-
Angket
orang tua
-
Catatan
anekdot
-
Laporan
observasi siswa
-
Catatan
home visit
-
Catatan
wawancara
3.
Guru
Pembimbing
Disampng
bertugas memberikan layanan informasi kepada siswa juga sebagai sumber data,
meliputi :
-
Kartu
akademis
-
Catatan
konseling
-
Data
psikotes
-
Catatan
konferensi kasus
4.
Kepala
Sekolah
Sebagai penanggung jawab pelaksana BK
di sekolah perlu mengetahui dan memberikan semua kegiatan yang dilakukan oleh
guru kelas dan guru pembimbing. Kegiatan guru pembimbing yang perlu diketahui
oleh Kepala, antara lain
a.
Melaporkan
kegiatan tentang BK sebulan sekali
b.
Laporan
tentang kelengkapan data
E.
Kepala Sekolah
|
Wakil
Kepala Sekolah
|
Tenaga ahli
|
Komite Sekolah
|
Guru Kelas
|
Guru
Pembina
Guru
Piket
|
Guru
Pembimbing
|
SISWA
|
Pola penanganan siswa
bermasalah :
Pembinaan siswa dilakukan oleh
seluruh unsur pendidikan di sekolah, orang tua, masyarakat dan pemerintah. Pola
tindkan terhadap siswa bermasalah di sekolah adalah sebagai berikut :
Seorang siswa yang melanggar
tata tertib dapat ditindak oleh guru kelas dan petugas lainnya, bahkan langsung
oleh Kepala Sekolah. Tindakan seperti itu harus diinformasikan langsung pada Guru kelas.
Sementara itu guru pembimbing
berperan dalam mengetahui sebab-sebab yang melatarbelakangi sikap dan tindakan
siswa tersebut dalam hal ini guru pembimbing bertugas melalui serangkaian
wawancara dan informasi dari sejumlah sumber data, setelah wali kelas
merekomendasikannya.
BAB III
PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN
KONSELING
SDN CILEUTIK JAMPANGTENGAH
A. JADWAL KEGIATAN BK
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
KELAS
|
BULAN
|
KET
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
I
|
PERSIAPAN
1. Studi
Kelayakan
2. Penyusunan
Program
3. Konsultasi
program
4. Penyediaan
fasilias
5. Pertemuan
guru pembimbing
6. Penataran
BK
|
||||||||||||||||||||
II
|
LAYANAN
1. Layanan
Orientasi
1.1 Orientasi
Sekolah
1.2 Orientasi
Kurikulum SMA
2. Layanan
Informasi
2.1 Peraturan
sekolah
2.2 Kegiatan
Ekstrakurikuler
2.3 Bimbingan
Pribadi
2.4 Bimbingan
Sosial
2.5 Bimbingan
Belajar
2.6 Bimbingan
Karier
3. Layanan
Penempatan dan penyaluran
3.1 Penempatan
kelas
3.2 Kegiatan
Ekstra
3.3 Kedudukan
dalam kelas
3.4 Kegiatan
penjurusan
4. Layanan
pembelajaran
4.1 Cara-cara
belajar
4.2 Kesulitan
Belajar
5. Layanan
Bimbigan Kelompok
6. Layanan
Konseling Perorangan
7. Layanan
Konseling Kelompok
|
||||||||||||||||||||
III
|
KEGIATAN
PENDUKUNG
1. Aplikasi
Instrumentasi Bimbingan
1.1 Test
psikologi
1.2 Absensi
1.3 Sosiometri
1.4 Daftar
Cek Masalah
2. Himpunan
Data
|
||||||||||||||||||||
IV
|
MENYUSUN LAPORAN
|
||||||||||||||||||||
V
|
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT
|
||||||||||||||||||||
Mengatahui,
Kepala Sekolah
Nyanyang Resmana.S.Pd
NIP.195908011982041001
|
Jampangtengah ,….Juli 2015
Kordinator BK/BP
__________________________
|
B. ISI
KEGIATAN LAYANAN BK
- Bimbingan Pribadi Sosial
a. Melatih
cara pengendalian dan mengarahkan emosi
b. Membuat
keputusan yang didasarkan pada nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat
c. Memahami perkembangan
psikoseksual yang sehat
d. Memahami
terbentuknya prasangka dan mengkaji akibat- akibatnya
e. Mengetahui
bagaimana mengatur dan menggunakan waktu secara efektif
f. Menggambarkan
situasi di sekolah dan dirumah serta keterkaitannya
g. Memahami
situasi dan cara-cara mengendalikan
konflik
h. Membedakan
bermacam-macam alternatif membuat pilihan
dengan bermacam-macam resiko yang
mingkin dihadapi.
- Bimbingan Belajar
a. Mengembangkan
kebiasaan belajar yang efektif untuk bekerja dimasa yang akan datang
b. Memahami kekuatan
diri dalam belajar
c. Dapat
mengatur dan menggunakan waktu secara efisien
d. Mengetahui
sebab-sebab kegagalan dan mengikuti
test.
- Bimbingan Karier
a. Menila pola karier dan menjelaskan kemungkinan
terjadinya perubahan sewaktu-waktu
b. Menilai
perlunya keluwesan dalam peranan dan
pilihan karier
c. Merencanakan
studi lanjutan dan menata tujuan sekolah berdasarkan penilaian diri dan penjajakan karier
d. Mengembangkan
kecakapan yang dimiliki berdasarkan pengalaman dimasa lalu dan menggunakannya
untuk rencana masa depan.
- Bimbingan Pribadi Sosial
a. Menjabarkan
ciri-ciri dan kemampuan diri sendiri
yang paling dihargai
b. Menemukan
cara-cara untuk mengembangkan sikap yang lebih positif
c. Menilai
secara terus menerus pengaruh kegiatan waktu luang terhadap kesehatan fisik dan
mental
d. Menemukan
strategi untuk mengatasi penyimpangan dan prasangka terhadap orang lain
e. Menilai
bahwa menghindari tanggung jawab itu, akan menuntut kemampuan mengelola
lingkungan secara efektif
f. Menilai
keadaan dan keefektifan hunbungan sosial dan hubungan keluarga
g. Menerapkan
nilai-nilai yang berlaku dalam pemecahan masalah pada situasii konflik
h. Menelaah
keperluan yang telah dibuat agar membantu keputusan dimasa depan, termasuk
pemilihan program khusus.
- Bimbingan Belajar
a. Melihat
kembali hubungan antara penggunaan waktu belajar dengan keberhasilan belajar
b. Mengumpulkan
dan mempelajari berbagai informasi
mengenai pemilihan jurusan
c. Mulai
menghubungi l dan mengunjungi lembaga-lembaga pendidikan diatas SMA
d. Menilai
kesenjangan antara tujuan yang diharapkan dengan hasil ulangan yang diperoleh.
- Bimbingan Karier
a. Menilai
pentingnya penataan tujuan karier yang realistik dan mengarahkan diri kepada
tujuan itu, termasuk pemilihan jurusan /program khusus
b. Mengembangkan
keterampilan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya perubahn
c. Mendiskusikan
beberapa konflik peranan yang mungkin dialami setelah dewasa
d. Menilai
perlunya memiliki “legalitas” untuk memperoleh keamanan dan kepastian bekerja.
- Bimbingan Pribadi Sosial
a. Memahami
dan menghargai keunikan diri sendiri
b. Memahami
bahwa sikap dan nilai-nilai mempengaruhi kehidupan
c.Menelaah
keterampilan pribadi yang dapat menunjang kepuasan fisik dan mental
d. Menghargai
adanya perbedaan latar belakang budaya
e. Memahami
bahwa rasa tanggung jawab dapat meningkatkan kehidupan
f. Memahami
perlunya memelihara hubungan yang
efektif sepanjang hayat
g. Menilai
kemampuan berkomunikasi dan penyelesaian konflik serta cara mengatasi selanjutnya
h. Menilai
kecakapan dalam membuat alternatif
pilihan mengumpulkan informasi dan menilai konsekuensi dari keputusan
yang dibuat.
- Bimbingan Belajar
a. Memahami
bahwa belajar itu berlangsung sepanjang hayat
b. Memahami
tujuan pendidikan dimasa yang akan datang
c. Merencanakan
kelanjutan studi yang akan dimasuki setelah tamat SD
d. Mempersiapkan
diri untuk menghadapi masuk ke SLTP.
- Bimbingan Karier
a. Menata
kembali tujuan-tujuan karier
b. Menelaah
hubungan antara peranan dalam pekerjaan dan dalam keluarga
c. Mempelajari
strategi untuk menghadapi diskriminasi dan pelecehan dalam dunia kerja
d. Menilai
keterampilan dan kecakapan yang dimiliki sekarang dan dimasa depan.
C. OPERASIONAL
PROGRAM LAYANAN BK
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN LAYANAN
|
PELAKSANA
|
SARANA
|
1
|
PERSIAPAN
1.
Studi Kelayakan
2.
Penyusunan Program BK
3.
Konsultasi Program
4.
Penyediaan fasilitas
5.
Pertemuan Guru pembimbing
6.
Latihan/Penataran BK
|
Mengumpulkan
informasi tentang berbagai hal yang dibutuhkan untuk penyusunan program BK
Merumuskan
masalah dan tujuan, cara pencapaian, organisasi personalia, anggaran, dsb.
Membahas
usulan program BK sehingga dapat dilaksanakan
Agar
tersedia fasilitas fisik dan teknis yang menunjang pelaksanaan BK
Mengatur
cara bekerja dan pembagian tugas membimbing
Memberikan
pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam layanan BK
|
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Kepala
Sekolah
Koordinator
BK
Kepala
Sekolah
Urusan
sarana
Kepala
Sekolah
Koordinator
BK & Staff BK
Koordinator
BK Organisasi profesi /BK
|
Angket
siswa
Pedoman
wawancara
DP4
Kalender
pendidikan kurikulum pedoman BK
Usulan
program BK
Usulan
pengadaan fasilitas
SK
Kepsek ttg tugas membimbing
Surat
tugas Kepsek
|
2
|
LAYANAN
1.
Layanan Orientasi
1.1
Orientasi Sekolah
1.2
Orientasi kurikulum SD
2.
Layanan Informasi
2.1
Tata tertib Sekolah
2.2
Kegiatan Ekstrakurikuler
2.3
Bimbingan Pribadi
2.4
Bimbingan sosial
2.5
Bimbingan belajar
2.6
Bimbingan karier
3.
Layanan penempatan dan penyaluran
3.1
Penempatan Kelas
3.2
Keg. Ekstrakurikuler
3.3
Kedudukan dlm kls
3.4
Keg. Penjurusan
|
Untuk
mengenal lingkungan sekolah secara benar tentang fasilitas, PBM, Personil,
dsb.
Untuk
mengenal KTSP BK dan tujuan pendidikan nasional layanan BK
Memahami
tata tertib yang berlaku di sekolah
Memahami
kegiatan pramuka, Olahraga, Kesenian
Memberikan
pemahaman tentang kondisi diri pribadi dan menemukan identitas diri
Memberikan
pemahaman tentang penyesuaian sosial
Memberikan
pemahaman tentang belajar dan membentuk sikap dan kebiasaan belajar yang
efektif
Memberikan
pemahaman tentang diri dan lingkungan serta hambatan-hambatan kemudian mampu
membuat rencana karier
Menempatkan
siswa sesuai kemampuan bakat dan kepribadian dalam kelompok belajar, kelompok
ekstra dan penjurusan
|
Guru.
Kelas, guru pembimbing
Guru
Kelas Guru pembimbing
Guru
kelas
,
Guru
pembimbing
Pemb.
Pramuka,
Pramuka,
,
Kesenian
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru Kelas
Guru
pembimbing
|
Bk Penataran
Org. Sekolah
Org. OSIS
KTSP 2006
Bag. Layanan BK
Juklak tata tertib
SK Kepsek
SK Kepsek
Buku sumber, LKS
SK Kepsek
Buku sumber, LKS
SK Kepsek
Buku sumber, LKS
SK Kepsek
Buku sumber, LKS
Angket penjurusan
sosiometri
|
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN LAYANAN
|
PELAKSANA
|
SARANA
|
3
|
4.
Layanan Pembelajaran
4.1
Cara-cara belajar
4.2
Kesulitan belajar
5.
Layanan Bimbingan Kelompok
6.
Layanan Konseling perorangan
7.
Layanan Konseling Kelompok
KEGIATAN
PENDUKUNG
1.
Aplikasi Instrumen Bimbingan
1.1
Tes psikologi
1.2
Absensi
1.3
Sosiometri
1.4
Daftar cek masalah
2.
Himpunan Data
3.
Konferensi Kasus
4.
Kunjungan Rumah
5.
Alih tangan kasus
|
Agar
siswa dapat memperoleh keberhasilan belajar secara optimal sesuai dengan potensinya
Agar
siswa dapat berinteraksi secara positif dengan lingkungannya
Untuk
membantu sistem secara perorangan dalam memecahkan masalah
Agar
siswa dapat memecahkan masalahnya dalam dinamika kelompok
Mengaplikasikan
intrumentasi bimbingan dalam layanan kegiatan BK
Menghimpun
data siswa untuk kepentingan layanan BK
Membantu
siswa dalam menyelesaikan maslah mengkaji kasus yang memerlukan
sumbangan-sumbangan, ide-ide dari berbagai pihak yang terkait dalam membantu
siswa mengatasi permasahannya
|
Guru
Kelas
Guru
pembimbing
Guru
Kelas
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
kelas
Guru kelas, Kepsek
Guru pembimbing
|
Hasil
test psikologi/
IQ/Ledger/ Raport
Pedoman Observasi
Data siswa
Pedoman konseling
|
D. PEMBIAYAAN
Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan layanan Bk
diperlukan anggaran biaya/dana, yang diperoleh dari :
a. Anggaran sekolah
Adapun anggaran sekolah akan digunakan
untuk :
a. Melengkapi
sarana dan prasarana BK
b. Kunjungan
rumah
c. Test
Psikologi
d. Kegiatan
kunjungan dan kedatangan narasumber
e. Penataran /
Lokakarya / Seminar BK
E. SARANA
DAN PRASARANA BK
a. Sarana
1. Alat
pengumpul data : Format-format, pedoman observasi, pedoman wawancara, angket,
catatan harian, kartu konseling, dsb.
2. Alat
penyimpan data : Map, buku pribadi, dsb.
3. Perlengkapan
teknis : Blanko surat, format buku fisik
pelaksanaan BK (P1, P2, P3, P4, P5), blanko laporan bulanan, buku pedoman BK,
buku paket BK, dsb.
b. Prasarana
Perlengkapan mebelair diruang BK : Meja, lemari, white board, kotak
masalah, rak, dsb.
BAB IV
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT
A.
PENILAIAN
Dalam keseluruhan kegiatan layanan
bimbimgan dan konseling penilaian diperlukan untuk memperoleh umpan balik
terhadap keefektifan layanan bimbimgan
yang telah dilaksanakan.
Adapun dua macam kegiatan penilaian
program kegiatan bimbingan, yaitu :
8.
Penilaian
prases, yaitu untuk mengetahui sampai sejauh mana keefektifan layanan bimbingan
dilihat dari prosesnya.
9.
Penilaian
hasil , yaitu untuk memperoleh informasi keefektifan layanan bimbingan dilihat
dari hasilnya.
Aspek yang
dilihat baik proses maupun hasil antara lain :
a.
Kesesuaian
antara program dan pelaksanaan
b.
Kontinuitas
program
c.
Dampak
layanan bimbingan terhadap kegiatan belajar mengajar
d.
Hambatan-hambatan
yang dijumpai
e.
Respon
siswa , personil sekolah, orang tua, dan masyarakat terhadap layanan dan bimbingan
f.
Perubahn
kemajuan siswa setelah menamatkan sekolah dilihat dari pencapaian tujuan
layanan bimbingan , pencapaian tugas perkembangan dan hasil belajar
g.
Keberhasilan
siswa setelah menamatkan sekolah baik pada studi lanjutan, ataupun kehidupan di
masyarakat.
B.
TINDAK
LANJUT
Tindak lanjut merupakan upaya
penelaahan terhadap hasil layana BK yang telah dilaksanakan.
Tujuannya adalah :
1.
Perbaikan
dan pengembangan program BK
2.
Identifikasi
kebutuhan bantuan lebih lanjut yang dirasakan siswa
3.
Memperoleh
informasi yang dapat dipergunakan oleh petugas BK dan Kepala Sekolah dalam
memberikan layanan pendidikan supaya lebih
efektif dan dinamis.
C.
LAPORAN
Sebagai data fisik
pelaksanaan layanan kegiatan bimbingan dan konseling, maka perlu dibuat laporan
yaitu :
a.
Laporan
Bulanan
b.
Laporan
Semester
c.
Laporan
Tahunan
BAB V
PENUTUP
Pada
prinsipnya bahwa keberhasilan
pelaksanaan program BK ini dipengaruhi
oleh :
1. Kemampuan
setiap guru pembimbing/konselir menjabarkan program-program umum ini ke dalam kegiatan
mingguan/harian sesuai dengan pembagian tugas dengan SK Kepala Sekolah.
2. Dukungan
sarana dan prasarana yang diperlukan.
3. Dukungan
dan bimbingan dari Kepala Sekolah secara terarah dan terpadu.
4. Pemahaman
yang tepat dari siswa, guru kelas dan sekolah tentang pentingnya layanan BK
5. Kerjasama
dari guru pembimbing dibawah tanggung jawab koordinator BK.
Hambatan-hambatan
yang ditemui dalam pelaksanaan janganlah dijadikan alasan untuk tidak
melaksanakan program yang telah direncanakan, tetapi dicarikan jalan keluar
yang baik sehingga program tetap berjalan secara efektif dan efisien.
Mudah-mudahan
BK ini dapat terlaksanakan secara oprasional dalam meningaktkan sumber daya
manusia, dan semoga Allah SWT memberikan Taufik dan Hidayah-Nya kepada kita
semua.
Amiin.
Jampangtengah
,….Juli 2015
Kepala
Sekolah
Nyanyang
Resmana.S.Pd
NIP.195908011982041001
|
3 komentar
komentarmakasih infonya sangat bermanfaat
Replyki,
Replygambar diagram dan beberapa gambar terlihat kotak kotak, ini ada file pdf atau word nya atau ga? supaya bisa saya pelajari lebih lanjut?
Thanks very much atas infonya sangat membantu.
Reply